e – Suket

5 November 2019

e – Suket

Pemkot Kediri Luncurkan E-Suket. Layanan Kelurahan Bisa Diakses Dari Mana Saja Lewat Android

Sistem pelayanan publik di kelurahan Kota Kediri terus diperbaiki. Selain memperbaiki ruang pelayanan di kelurahan, juga meluncurkan layanan online sistem berbasis android dan website yakni e -Suket.

Peluncuran progam online e-Suket dilakukan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Hotel Grand Surya, Kota Kediri, Kamis (19/12/2018).

Walikota mengungkapkan, sebelumnya e-Suket ini telah diuji coba di enam kelurahan dan telah berhasil.

“Sebenarnya sistem ini sudah lama namun saya persiapkan dan hari ini secara langsung saya siapkan untuk semua warga Kota Kediri,” ujarnya.

Saat ini, pelayanan di kelurahan dilakukan secara online. Karena banyak masyarakat yang sibuk bekerja sehingga masyarakat kesulitan untuk datang ke kelurahan ketika mengurus surat keterangan.

Dengan pelayanan online ini tentu akan lebih praktis dan efisien.

“Pelayanan di kelurahan kami buat online semua. Bila ada warga yang sedang berada di luar kota, untuk urusan di kelurahan tetap bisa dilakukan. Untuk pelayanan offline masih bisa,” tambahnya.

Untuk menjalankan sistem online ini, Pemerintah Kota Kediri telah menyiapkan tenaga TI di setiap kelurahan yang beberapa telah lolos seleksi. “Nanti teman-teman ini yang akan menyelesaikan permasalahan TI di kelurahan. Setiap bulan saya pantau,” ujarnya.

Dengan kemudahan pelayanan yang diberikan, Walikota yakin tingkat kepercayaan publik terhadap Pemerintah Kota Kediri akan meningkat.

Saat peluncuran progam e-Suket juga dihadirkan Tony Dwi Susanto, narasumber dari ITS Surabaya. Materinya memberikan sosialisasi dan bimbingan teknik layanan surat keterangan kelurahan berbasis terintegrasi database kependudukan.